Thursday, 19 October 2017
On October 19, 2017 by zainuddin in permainan outbound No comments
Outbound adalah kegiatan yang sering
kita lakukan di setiap organisasi ataupun lembaga, ini merupakan kegiatan yang
menguji kemampuan berfikir kita, kemampuan fisik kita hingga menguji kemampuan
kelompok kita. Dalam kegiatan ini bisa pula membentuk karakter yang dimiliki
seseorang untuk bisa lebi dewasa dalam hal kepribadian. Nah saya akan
memberikan sedikit permainan kepada teman-teman sebagai bahan untuk kita
lakukan sebuah kegiatan outbound di lembaga kita, semoga bermanfaat.
1.
Birma Crosser
Tujuan
outbound training permainan ini adalah melatih percaya diri untuk
menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan. Alat bantu dalam
outbound training permainan ini meliputi bambu, karmentel, kong,
snappling, webbing dan helm. Adapun prosedur dalam permainan Birma Crosser
adalah :
- · Setiap peserta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan ketinggian 2 m dan panjang 15 m
- · Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
- · Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
- · Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
- · Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran
Pemaknaan dalam
program outbound permainan ini adalah :
·
Mampukah
semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
·
Adakah
peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
·
Apa
kunci keberhasilan mereka ?
·
Apa
yang menjadi penyebab kegagalan ?
2.
Hell Barier
Tujuan
outbound training permainan ini adalah melatih mengerjakan sesuatu sesuai
dengan tahapannya untuk mencapai puncak yang diharapkan. Alat bantu dalam
program outbound permainan ini meliputi jaring, karmentel,
kong, snappling, webbing, kaos tangan dan helm. Adapun prosedur dalam permainan
ini adalah :
¨ Setiap peserta
diminta memanjat jaring tali setinggi 6 meter.
¨ Fasilitator
memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
¨ Fasilitator
memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan
sebaik-baiknya.
¨ Fasilitator memegang
tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
¨ Saat pelaksanaan
peserta yang lain menunggu giliran.
Pemaknaan dalam
permainan ini adalah :
- Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
- Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
- Apa kunci keberhasilan mereka ?
- Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?
- Apa yang dirasakan peserta sewaktu mencapai puncak ?
- Apa makna dari kegiatan ini
3.
Carterpillar Race
Caterpillar
race atau balap ulat bulu dapat dimainkan di lapangan Peserta dipecah jadi 3 or
4 team, terdiri dari 7-10 orang,
Instruksi
v Peserta kita
minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau
di pinggang atau berpelukan.
v Tugas mereka adalah
berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa
lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan.
v Tiap team harus
bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan
v Bagi Team yang
barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start.
Target
Team yang menjadi pemenang adalah yang
pertama sampai di garis finish dengan utuh.
Larangan
- Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.
- Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuh atau tertinggal sebagian.
Variasi:
- Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok.
- Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur,
Bisa juga formasi lainnya, tergantung
kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta
4.
Folding Carpet
Games
ini dimainkan dengan alat bantu sebuah karpet atau terpal plastik yang
ukurannya 1 meter persegi untuk 8-10 orang. Ukuran karpet dapat disesuaikan
dengan jumlah peserta yang akan ikut bermain maupun tingkat kesulitan yang
ingin diberikan, lebih banyak peserta maka dibutuhkan karpet yang lebih luas.
Instruksi
- Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet dan
- Setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut
- Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudian membalik karpet tersebut.
Target
Kelompok yang paling cepat membalik
karpet dianggap sebagai pemenang.
Larangan dan Hukuman
- Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah.
- Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagal melakukan tugasnya.
- Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa pengurangan nilai atau potongan waktu.
Variasi
Games dapat dimainkan di dalam maupun
diluar ruangan.
- Hulahoop
Games ini dapat dalam kelompok, dengan
jumlah anggota kelompok 6-10 orang. Hulahoop yang digunakan bisa yang terbuat dari
rotan atau dari tali / webbing yg dibuat melingkar dengan diameter 1-1,5 meter.
Petunjuk
- Caranya hulahoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok
- Kemudian dengan didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota yang lain sampai ke anggota keloompok yang terakhir,
- Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuat hulaoop tersebut bergerak,
- Posisi peserta dapat dibuat melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang.
Larangan:
Webbing / hulahoop tidak boleh
dipegang atau digenggam oleh tangan anggota kelompok.
Variasi
- Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik.
- Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan dengan menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah.
Untuk lebih meriah, permainan ini dapat
dimainkan dalam format kompetisi dengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah
pesertanya mencukupi, dan mereka yang paling cepat yang menang.
- LOG LINE
Permainan ini dimainkan di luar ruang
menggunakan sebuah balok kayu yang dibuat sedemikian rupa agar tidak bergerak.
Panjang balok tersebut 1,5 hingga 2 meter, dan sebaiknya yang agak besar agar
agak tinggi dari permukaan tanah ketika dinaiki oleh peserta. Peserta yang akan
bermain terdiri dari 6-10 orang, tergantung besar dan panjang balok.
Instruksi dan petunjuk permainan
- Pada awal permainan, kita minta seluruh anggota kelompok utk naik ke atas balok dan mereka harus saling membantu agar tidak terjatuh dari balok atau pun menginjak tanah.
- Setelah semua naik di atas balok, kita mulai memberi instruksi dimana mereka harus berdiri berurutan sesuai instruksi yang kita minta. Misalkan saja, berdasarkan tanggal lahir,
- Para Peserta harus mengatur barisan di atas balok tanpa boleh turun ke tanah, dari angka yg paling kecil ke angka yg paling besar.
- Fasilitator menentukan mana yg menjadi bagian depan. Jika berhasil, lanjutkan dengan instruksi berikutnya, hingga 3 instruksi dapat mereka selesaikan dengan baik.
Larangan
Jika terjatuh pada salah satu tugas,
maka dianggap gugur dan dilanjutkan dengan tugas kedua dan seterusnya.
Variasi
Bisa saja instruksinya urutan tinggi
badan, nomor rumah dll.
Permainan ini dimainkan di luar ruang
- Flying Fox
Meluncur dari sebuah pohon dengan
menggunakan sling baja. Permainan ini melatih keberanian dan ketegasan dalam
mengambil keputusan, karena sekalipun sudah menggunakan alat pengamanan yang
Optimal peserta akan bertarung dulu dengan rasa takutnya sebelum akhirnya
memutuskan untuk melompat. Umumnya setelah meluncur Sensasinya yang luar biasa
membuat kebanyakan peserta ingin mengulanginya lagi
- Toxic Waste
- Permainan ini adalah permainan yang populer, permainan untuk kelompok kecil dan selalu berhasil membangun inisiatif kebersamaan, memberikan tantangan untuk teamwork selama 30-45 menit. Melatih proses berpikir, berimajinasi, aksi, berfantasi, mengambil resiko, dan membuat solusi yang menarik
- Dapat dimainkan oleh reamja dan orang dewasa
- Tantangannya adalah memindahkan toxic waste (limbah beracun) kedalam wadah penetralisir dengan peralatan minim sambil menjaga jarak aman dalam batas waktu yang ditentukan
- Tingkat kesulitan – sedang. Hindari untuk memainkan permainan inidengan kelompok yang sedang menjalani tahap awal proses group development. Paling baik dilakukan di akhir acara dan/atau ketika kelompok sudah kompak dan dapat mengatasi masalah-masalah teamwork dasar
- Dapat dilakukan di dalam dan luar ruangan; akan lebih dramatis dimainkan di luar ruangan karena kita dapat menggunakan air sebagai pengganti bola, sebagai toxic waste.
Processing Ideas
- Selalu ada komunikasi dan keputusan kunci yang muncul selama permainan yang dapat dibahas di debriefing akhir yang sangat berguna.
- Permainan ini akan mengekspos proses dan masalah yang berhubungan dengan berbagai aspek teamwork termasuk kerjasama, komunikasi, kepercayaan, pemberian wewenang (empowerment), risk-taking, support, problem-solving, decision-making, dan leadership
- Dapat direkam dalam bentuk video untuk analisis dan debriefing diakhir permainan
- Bagaimana mengukur keberhasilan kelompok?
Misalnya. Pertimbangkan:
- Berapa waktu yang mereka butuhkan?
- Apakah ada air yang tumpah?
- Apakah ada kecelakaan atau yang terluka? (Biasanya karena peserta bersemangat ingin segera menyelesaikan permainan mereka tidak akan peduli dengan pelanggaran yang mereka buat dan seperti mengabaikan terjadinya kecelakaan atau luka (injury) atau kematian akibat kecerobohan yang terjadi ketika permainan berlangsung. Pastikan ada evaluasi objektif untuk performa mereka – yang jarang ada yang ‘sempurna’)
- Beberapa baik kelompok mengatasi tantangan ini? (misalnya dari skala 10?)
- Bagaimana reaksi awal kelompok tersebut?
- Skill apa yang dibutuhkan kelompok tersebut untuk sukses?
- Apa yang dilihat oleh observer sebagai kekuatan dan kelemahan kelompok?
- Bagaimana kelompok tersebut mendapatkan ide-ide terbaik mereka?
- Apa yang dipelajari oleh setiap anggota kelompok tentang dirinya sendiri sebagai seorang anggota kelompok?
- Pelajaran apa saja yang didapat dari permainan ini dan yang mana yang dapat diterapkan di situasi yang akan datang?
- SPIDER WEB
Seluruh peserta harus berpindah dari
satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan
dibantu rekan yang lain.
Aturan Main :
- Tidak boleh melalui lobang yang sudah pernah dilalui.
- Badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat.
- Tidak boleh melakukan lompatan.
Tipe :
Strategic Game
Target : team work dalam
mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin
sumber : http://www.wisataoutbound.com/2017/03/07/macam-macam-permainan-dalam-kegiatan-outbound/
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Search
Pengunjung
My Profil
Popular Posts
-
BLOK OSCILATOR DAN SINKRONISASI PADA TV CRT (CATODE RAY TUBE) OLEH: KELOMPOK 3 MUH. AYYUB ...
-
BIDANG PERKADERAN 1. Pengantar Alhamdulillah, segalah puji hamya milik Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan nikmat ...
-
BIDANG ASPRESIASI SENI BUDAYA DAN OLAH RAGA 1. Pendahuluan Alhamdulillah,segala puji hanya milik Allah SWT yang senantiasa m...
IG
zainuddin1002
Recent Posts
Blog Archive
Powered by Blogger.
Postingan terbaru
IPM DENGAN CARANYA, SIKAPNYA, DAN KEIKHLASANNYA
“ IPM DENGAN CARANYA, SIKAPNYA, DENGAN KEIKHLASANNYA AKAN MEMBANGUN GENERASI PELAJAR BERKEMAJUAN DAN MENJADI PERCONTOHAN KARAKT...
Home Ads
zainuddin
Translate
Popular Posts
-
BLOK OSCILATOR DAN SINKRONISASI PADA TV CRT (CATODE RAY TUBE) OLEH: KELOMPOK 3 MUH. AYYUB ...
-
BIDANG ASPRESIASI SENI BUDAYA DAN OLAH RAGA 1. Pendahuluan Alhamdulillah,segala puji hanya milik Allah SWT yang senantiasa m...
-
BIDANG PERKADERAN 1. Pengantar Alhamdulillah, segalah puji hamya milik Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan nikmat ...
-
Teman-teman mungkin pernah memasukkan data ke Flash Disk dan entah kenapa setelah ingin di ambil ataupun ingin di cek datanya tidak ada...
-
BIDANG PENGKAJIAN ILMU PENGETAHUAN 1. Pendahuluan Alhamdulillah,segalah puji bagi Allah SWT yang senangtiasa memberikan kita ...
-
Akulah seragam SMA kemeja putih polos dan siap di kotori pilox warna saat pemilikku lulus nanti Akulah seragam sma symbol masa mu...
-
BIDANG IPMAWATI 1. Pendahuluan Alhamdulillah,segala puji hanya milik Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan nikmat...
-
PROGRAM KERJA ,REALISASI DAN PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PROGRAM PIMPINAN CABANG IPM BAREMBENG PERIODE 2015-2017 A. BIDANG KEPEMIMP...
-
Arung Palakka Melawan Sultan Hasanuddin Kali ini sy akan mencoba mengungkap kisah perlawanan antara Arung Palakka dengan Sultan Hasanuddi...
0 komentar:
Post a Comment